Rabu, 22 Februari 2012

J-Pop Culture Festival (Konser AKB48, Pemutaran Video Konser dan Anime serta Event Budaya Jepang)


Kementerian Pendidikan dan Budaya (Monbukagakusho)Jepang, berencana menyelenggarakan "Nihon Indonesia Pop Culture Festival" pada 25-26 Februari mendatang, sebagai bentuk kegiatan mempromosikan pertukaran budaya.

Rencananya "Nihon Indonesia Pop Culture" yang akan diselenggarakan selama dua hari, yakni pada tanggal 25 Februari di Balai Kartini dengan mendatangkan grup idola Jepang AKB48, dan 26 Februari di Plaza Senayan XXI pemutaran film anime "Naruto" serta konser grup band "L'arc en ciel" terbaru.

"Kami ingin memperkenalkan sisi Jepang yang lebih santai, tidak hanya serius kepada masyarakat Indonesia", ujar Shimizu Chikara Sekjen Jakarta Japan Club (JJC), sebagai salah satu anggota komite penyelenggara "Pop Culture Festival".

Sementara itu, ditengah populernya budaya Korea (Korean wave) yang masuk ke Indonesia. Pada kesempatan ini, Pemerintah Jepang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Indonesia bidang Kreatif, menyelenggarakan "Pop Culture Festival", guna menyebarkan kebudayaan Jepang melalui sektor publik dan swasta.

Jepang saat ini mempromosikan "Cool Japan" ke luar negeri, terutama di negara berkembang di Asia yakni Cina, Korea, Singapura, India, dan Indonesia. Konsep "Cool Japan" memperkenalkan seperti makanan khas Jepang, animasi, musik, dan fashion ke luar negeri.


AKB48 akan tampil bersama JKT48 sebagai acara utama pada “J-POP Culture Festival” yang menitikberatkan pada pertukaran budaya antara Indonesia dan Jepang.


MEMBER AKB48 YANG AKAN TAMPIL PADA J-POP CONCERT DI BALAI KARTINI KARTIKA EXPO TANGGAL 25 FEBRUARI 2012!!!
TIM A: Shizuka Oya, Haruka Katayama, Rino Sashihara, Minami Takahashi, Haruka Nakagawa, Ami Maeda
TIM K: Moeno Nito, Reina Fujie, Sae Miyazawa
TIM B: Amina Sato, Sumire Satou, Yuka Masuda
TIM 4: Maria Abe, Suzuran Yamauchi
(Total 16 member, dua orang lagi akan diumumkan dalam waktu dekat)


*Tidak menutup kemungkinan member yang sudah diumumkan diganti.

JKT48 Operation Team

Sebelumnya, pada November 2011 produser AKB48 Akimoto Yasushi datang ke Indonesia, diundang sebagai juri malam final JKT48 di Jakarta. Akimoto melihat potensi berkembangnya budaya pop Jepang di Indonesia, "Di Jepang, industri dan hiburan terpisah. Namun mulai sejak saat ini, industri, dan hiburan menjadi satu paket yang dijual." (IM/JS)

0 komentar: